10 Bahasa Pemrograman Paling Populer di 2019 - Iqbal Pambudi

Latest

4/26/2019

10 Bahasa Pemrograman Paling Populer di 2019

Bahasa Pemrograman

Ada banyak sekali bahasa pemrograman didunia ini, seperti Java, Python, C# dll. Tentunya setiap  mempunyai fungsi tersendiri dan gaya penulisan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Bagi kalian yang baru belajar bahasa pemrograman tentunya kalian harus tau jenis bahasa pemrograman yang kalian gunakan, karena setiap bahasa pemgroraman mempunyai karakteristik dan kegunaan yang berbeda pula.

Nah kali ini saya akan memberikan daftar 10 bahasa pemrograman yang populer menurut survei dari StackOverFlow di tahun 2019.

1. Javascript 

Bahasa Pemrograman Javascript
Javacript
Ya, Javascript menempati urutan pertama. Sebanyak 87 ribu responden, Javascript memperoleh skor 69% dan menjadi bahasa pemrograman populer selama 7 tahun berturut-turut.

Javascript populer bagi para pengembang web untuk membuat tampilan website menjadi lebih dinamis dan interaktif bersamaan CSS dan HTML.

Akhir-akhir ini Javascript sedang ngetrend karena banyak sekali framework-framework javascript yang bermunculan dan sekarang muncul juga istilah Fullstack Javacript.

2. SQL

Bahasa Pemrograman SQL
SQL
SQL menduduki peringkat kedua bahasa paling populer. SQL mendapatkan skor sebesar 54%. SQL kependekan dari Structured Query Language adalah bahasa pemrograman untuk mengelola dan memanipulasi database. Bahasa ini wajib dikuasai oleh seorang Database Administrator untuk mengelola databasenya.

Namun, akhir akhir ini muncul database noSQL seperti MongoDB yang sedang naik daun. Akankah SQL tergeser dengan adanya database noSQL.

3. Python

Bahasa Pemrograman Phyton
Phyton
Python berada pada posisi ketiga dan mendapatkan skor 41.7%. Python digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti: program CLI, Program GUI (desktop), Aplikasi Mobile, Web, IoT, dan Game.

Bahkan Facebook, media sosial terbesar di dunia, menggunakan Tornado, sebuah framework Python untuk menampilkan timeline. NASA, badan anariksa Amerika ini juga menggunakan Python untuk bidang sainsnya.

4. Java

Bahasa Pemrograman Java
Java
Java harus puas menempati posisi ke empat dengan perolehan skor 41.1% beda tipis dengan Python. Java adalah bahasa pemrograman yang berbasis OOP yang sudah berumur dari era 1990-an dan masih populer hingga sekarang.

Java terus berkembang dan menjadi pondasi bagi bahasa pemrograman lain yang baru seperti Kotlin, Scala, Groovy dll. Java juga digunakan dalam pembuatan aplikasi Android bersama Kotlin.

5. C# (C Sharp)

Bahasa Pemrograman C#
C#
Diurutan kelima ada C# (dibaca C Sharp) dengan skor 31%. C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft.

Bahasa ini memerlukan sebuah framework yang bernama .NET Framework untuk mengcompile dan menjalankan kode program. C# merupakan bahasa yang berorientasi pada objek/OOP.

C# ini umumnya digunakan untuk membangun aplikasi desktop ataupun mobile, pemrograman game dan sebagainya.

6. PHP

Bahasa Pemrograman PHP
PHP
PHP mendapatkan skor sebanyak 26% dan berada pada posisi ke 6.

PHP adalah bahasa pemrograman web server-side, artinya ini adalah bahasa pemrograman yang berjalan di sisi server. PHP adalah kependekan dari PHP: Hypertext Preprocessor yang merupakan bahasa pemrograman open source.

PHP digunakan untuk membuat website dinamis, yaitu halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh klien. Sehingga menjadikan informasi yang diterima client selalu yang terbaru yang dieksekusi pada server di mana script tersebut dijalankan.

Sekarang PHP terbaru adalah PHP versi 7 yang menawarkan banyak fitur dan kemudahan untuk membangun server.

7. C++

Bahasa Pemrograman C++
C++
Posisi ketuju ada C++ yang memperoleh skor 23%. C++ adalah pengembangan dari bahasa C. Untuk para pemula biasanya bahasa inilah yang pertama kali akan diajarkan agar pemula mengetahui bagaimana struktur sebuah program komputer berjalan.

C++ membutuhkan sebuah compiler untuk menjalankan kodenya sehingga termasuk kedalam Compiler Language.

8. Ruby

Bahasa Pemrograman Ruby
Ruby
Selanjutnya ada Ruby denga skor 8.4%. Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto yang dirilis pada tahun 1995.

Ruby atau disebut juga Ruby On Rail adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun Desktop GUI atau Graphic User Interfaces, membuat aplikasi web, dan mengembangkan web itu sendiri. 
Bahasa pemrograman open source dinamis, mudah dimengerti dan produktif. Sintaks Ruby elegan, natural, mudah dibaca dan ditulis.
Menurut definisi dari websitenya.

9. Go

Bahasa Pemrograman Go
Golang
Merasa asing dengan bahasa pemrograman ini ? Go atau disebut juga Golang adalah bahasa pemrograman yang dibuat di Google pada tahun 2009 oleh Robert Griesemer, Rob Pike, dan Ken Thompson.

Golang dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah pengambangan dengan menciptakan bahasa pemrograman yang sederhana, dapat diandalkan, dan efisien.

Beberapa perusahaan startup menggunakan golang untuk membangun aplikasi mereka seperti contoh Gojek.

10. Swift

Bahasa Pemrograman Swift
Swift
Posisi kesepuluh adalah Swift dengan skor 6.6%. Swift adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Apple Inc. untuk mengembangan aplikasi dalam platform khusus Apple.

Swift dibuat pada tahun 2014. Bahasa ini dibangun dengan compiler LLVM dan Xcode.


Nah itulah 10 Bahasa Pemrograman Populer ditahun 2019. Tentunya setiap tahun akan semakin berkembang dan bermunculan berbagai macam bahasa pemrograman yang baru yang perlu dipelajari. Apabila kalian menyukai postingan ini silahkan bagikan ke teman anda ya :D. Terimakasih telah mampir, See you next time.

No comments:

Post a Comment