Cara Install LAMP pada Linux - Iqbal Pambudi

Latest

9/02/2019

Cara Install LAMP pada Linux


LAMP merupakan kependekan dari Linux, Apache ,MySQL, PHP. LAMP diperlukan ketika kita ingin membuat sebuah web server pada PC Linux kita. Mungkin kalian lebih familiar dengan XAMPP daripada LAMP.

Sebenarnya ada beberapa jenis dari software seperti ini. Seperti WAMP (Windows Apache MySQL PHP) yang dikhususkan untuk sistem Operasi Windows. Ada juga yang versi untuk Macintosh yaitu MAMP (Macintosh Apache MySQL PHP) yang khusus untuk perangkat Mac OS. Dan yang versi linux disebut LAMP (Linux Apache MySQL PHP). Sementara XAMPP adalah versi Cross Platform (X=Cross).

Sudah kenal kan sekarang dengan beberapa software diatas. Selanjutnya kita akan menginstall LAMP pada Linux kita. Perlu diketahui LAMP itu tidak seperti XAMPP yang menjadi 1 paket aplikasi siap pakai. Akan tetapi LAMPP diinstall satu persatu aplikasinya yaitu Apache MySQL dan PHP.

Disini saya menggunakan distro Elementary OS, masih satu keluarga dengan Ubuntu dan Debian dengan paket manager apt, jadi sesuaikan dengan paket manager linux kalian ya.

Baca juga : Daftar Repository Lokal Elementary OS 5.0

Langakah Pertama

Pastikan repository kalian sudah diupdate ke versi terbaru ya. Caranya dengan membuka terminal dan ketikan perintah
sudo apt upgrade

Langkah kedua

Instalasi Apache2 pada Linux caranya dengan ketikan perintah berikut pada terminal
sudo apt install apache2 apache2-doc apache2-npm-prefork apache2-utils libexpat1 ssl-cert

Langkah Ketiga

Berikutnya yaitu kita akan menginstall MySQL. Caranya yaitu ketikan atau copy perintah berikut pada terminal
sudo apt-get install mysql-server mysql-client libmysqlclient-dev

Langkah Keempat

Selanjutnya setelah install MySQL adalah install Phpmyadmin untuk mengelola database agar lebih mudah. Caranya dengan ketikan atau copy perintah berikut
sudo apt-get install phpmyadmin

Langkah kelima

Yang terakhir yaitu instalasi PHP. Untuk sekarang PHP versi terbaru adalah PHP7.2 Install dengan ketikan perintah atau copy seperti biasa
sudo apt-get install libapache2-mod-php7.2 php7.2 php7.2-common php7.2-curl php7.2-dev php7.2-gd php-pear php-imagick php7.2-mcrypt php7.2-mysql php7.2-ps php7.2-xsl

Selesai, mudah kan. Sekarang web server sudah bisa dijalankan dengan megetikkan localhost atau 127.0.0.1 di browser. Untuk folder servernya berada di /var/www/html. Sekian dari saya apabila kamu menyukai artiket ini bagikan ke teman anda. Kalau masih bingung silahkan komentar  dibawah ya.

No comments:

Post a Comment