Fitur Rahasia Windows 10 yang Jarang Diketahui - Iqbal Pambudi

Latest

9/22/2019

Fitur Rahasia Windows 10 yang Jarang Diketahui


Windows merupakan sistem operasi yang paling populer saat ini untuk pengguna desktop. Menurut data dari Statcounter market share windows mencapai 35 persen dari total market share. Sedangkan OS X sekitar 5 persen dan Linux hanya 0.7 persen. Dari data ini menunjukan Windows masih menjadi Rajanya sistem operasi desktop.

Lalu sebenarnya apa yang membuat Windows bisa sepopuler itu dari sistem operasi lain?. Ingat sewaktu kalian membeli sebuah laptop baru?. Dalam beberapa kasus laptop baru tersebut sudah terinstall Windows walaupun ada yang tidak. Windows juga kompatibel dengan banyak aplikasi dan hardware sehingga tidak susah mencari aplikasi atau hardware tambahan dan hampir semua laptop bisa diinstall sistem operasi Windows. Dari banyak kemudahan diatas maka tak heran Windows menjadi begitu populer.

Dengan popularitas tersebut maka harus dibarengi dengan fitur-fitur yang memadai. Microsoft selaku pemilik Windows terus memperbarui dan mengembangkan fitur barunya ke Windows sampai sekarang. Windows 10 yang sekarang merupakan versi terakhir dari Windows memiliki banyak sekali fitur yang memudahkan kita dalam melakukan berbagai pekerjaan. Namun tahukah kamu ada beberapa fitur rahasia dari Windows 10 yang jarang diketahui oleh para penggunanya.

Baca juga : Cara Optimalkan Windows 10 Agar Tidak Lemot

Fitur Rahasia Windows 10 yang Jarang Diketahui

#1 Emoji Kaomoji dan Symbols

kaomoji & emoji
Emoji & Kaomoji
Taukah kalian kita bisa menggunakan emoji dan kaomoji pada Windows. Caranya dengan menekan kombinasi tombol Win + . (Windows dan titik) untuk menampilkan popup emoji kan kaomoji. Selain kaomoji dan emoji juga terdapat symbols di tab sebelah kanan kaomoji.

#2 Game Bar

Game Bar Windows 10
Game Bar
Fitur selanjutnya yaitu Game Bar. Fitur ini sangat membantu para gamer untuk memantau performa PC mereka selama permainan. Untuk menjalankan fitur ini cukup dengan menekan tombol Win + G maka Game Bar akan muncul. Disini kamu dapat memantau penggunaan CPU, GPU, RAM, mengatur audio dan mengaktifkan atau mematikan microphone. Selain itu kamu juga dapat melakukan broadcast dan recording saat bermain game. 

#3 Snip & Sketch

Snip & Sketch
Snip & Sketch
Sebelum Snip & Sketch dulu namanya Snipping Tool. Snip & Sketch adalah fitur untuk screenshoot pada Windows 10 yang terbaru walaupun Snipping Tool sebenarnya masih bisa dipakai pada Windows 10. Untuk melakukan screenshoot kamu cukup menekan tombol SHIFT + Win + S maka kamu akan masuk ke mode screenshoot. Disini kamu dapat memilih bentuk screenshot mulai dari Rectangular Snip, Freeform Snip, Window Snip ataupun Full-screen Snip.

#4 Clipboard History

Clipboard History
Clipboard History
Windows Clipboard berfungsi untuk menyimpan sesuatu yang kita copy. Pada update Windows 10 18 Oktober 2018 lalu, Windows Clipboard memperkenalkan fitur baru yaitu Clipboard History dimana kita bisa melihat beberapa history item yang ada pada Clipboard. Untuk mengaktifkan Windows Clipboard kamu perlu masuk ke Settings -> Systems -> Clipboard -> Lalu aktifkan fitur Clipboard History. Untuk melihat history Clipboard kamu, cukup tekan Win + V. Gimana, keren kan.


#5 Dark Mode & Light Mode

Dark Mode
Dark Mode
Dark Mode sudah menjadi hal yang dinanti nanti para pengguna Windows. Bila sebelumnya dark mode hanya berpengaruh ke sebagian window saja, namun kali ini dark mode sudah bisa digunakan pada Windows Explorer, Start menu, taskbar dan action center. Untuk beralih ke dark mode caranya dengan pergi ke Settings -> Personalisation -> Colours  kemudian pada Choose your colour pilih Dark untuk beralih ke dark mode dan Light untuk light mode.

#6 Slide to Shutdown

Slide to Shutdown
Slide to Shutdown
Bila kamu pernah menggunakan Windows Phone maka fitur ini tak akan asing lagi. Saat mematikan Windows Phone maka akan muncul slider untuk mamatikannya. Lalu bagaimana dengan Windows 10?. Tenang, Windows 10 juga bisa melakukannya. Fitur ini memang tersembunyi dan bisa digunakan. Caranya buat shortcut baru dengan klik kanan pada desktop yang kosong kemudian pilih New -> Shortcut lalu paste kan kode berikut :

%windir%\System32\SlideToShutDown.exe

kemudian save dan jalankan. Gimana, keren kan.

#7 Shake

Window Shake
Window Shake
Fitur ini sebenarnya sudah ada di Windows 7 dengan nama Aero Shake. Namun kebanyakan orang belum tau akan fitur keren ini. Window Shake dapat meminimalkan semua window yang aktif kecuali satu yang kamu inginkan. Caranya dengan melakukan sedikit mengoyangkan/shake pada window yang ingin kamu tetap aktifkan dan goyangkan lagi untuk menampilkan kembali. Cara ini lebih efisien daripada harus meminimalkan window satu persatu.

#8 God Mode

God Mode
God Mode
Dari namanya saja sudah kelihatan keren. Namun sebenarnya nama fitur ini adalah Windows Master Control Panel Shortcut, namun orang-orang lebih sering menyebutnya God Mode. God Mode adalah shortcut untuk mengakses semua opsi pengaturan Windows dalam satu folder. Untuk mengakses God Mode caranya adalah buat sebuah folder dengan klik kanan -> New Folder lalu pastekan kode berikut

GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}

Simpan dan jalankan. Untuk kamu yang gak suka dengan nama God Mode, kamu bisa ganti kode yang berwarna orange diatas dengan nama apa saja dan tak harus God Mode.

#9 Peek at Desktop

Peek to Window
Peek to Window
Peek at Desktop adalah fitur untuk mengintip desktop Windows dengan cara mengarahkan kursor ke bagian paling pojok kanan bawah. Sebelumnya kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan mengarahkan kursor ke bagian paling pojok kanan bawah lalu klik kanan dan aktifkan Peek at desktop. Bila kamu klik kiri pada bagian tersebut maka akan meminimalkan semua window yang sedang aktif.

#10 Drag to Pin Window

Drag to Pin Windows
Drag to Pin Windows
Fitur ini juga sudah tersedia sejak Windows 7. Drag to Pin akan menempelkan window kamu ke bagian kanan atau kiri desktop. Caranya dengan drag window yang aktif dan tarik ke ujung kanan atau kiri layar sampai menempel. Tidak hanya kanan atau kiri saja, kamu juga bisa tarik ke ujung atas layar untuk menjadikan window full-screen.Fitur ini akan sangat membantu bila kamu sering melakukan multitasking secara bersamaan.

#11 Transparent CMD

Transparent CMD
Transparent CMD
Bosan dengan Command Promt Windows yang cuma hitam putih saja?. Kamu bisa melakukan kustomisasi pada CMD seperti membuat efek transparan, mengganti warna dan ukuran font dan lain-lain. Untuk mengakses Command Promt cukup klik start menu dan ketika "CMD" atau "Command Prompt". Untuk melakukan kustomisasi klik kanan pada bagian atas Command Prompt window lalu pilih Properties. Untuk mengatur font klik tab Font, untuk mengatur transparansi dan warna klik tab Colours. Kamu juga bisa melakukan kustomisasi yang lain sesuai seleramu.

#12 Pause Windows Update

Pause Windows Update
Pause Windows Update
Buat kamu yang males banget update Windows atau ingin menunda update untuk sementara, sekarang di versi terbaru Windows 10 kamu bisa menunda update Windows selama 7 hari. Caranya dengan pergi ke Settings -> Update & Security -> Windows Update -> lalu pilih opsi Pause updates for 7 days. Perlu diketahui, update Windows juga penting dilakukan untuk meningkatkan patch keamanan dan pembaharuan fitur pada Windows.

#13 Ransomware Protection

Ransomware Protection
Ransomware Protection
Di tahun 2017 lalu sempat heboh virus ransomware WannaCry. Virus tersebut menyandra data pengguna dengan mengenkripsi data sehingga data tidak bisa dibuka. Para korban diminta mengirimkan sejumlah uang dalam bentuk bitcoin untuk tebusan atau data mereka tidak akan terselamatkan. Menanggapi hal tersebut Windows selaku sistem operasi yang diserang virus ransomware melakukan update patch dan melakukan pembaharuan fitur. Windows 10 update terbaru sudah ditambahkan fitur Ransomware Protection yang akan melindungi data dari ancaman virus ransomware. Caranya pergi ke Windows Security -> Virus and threat protection -> Scroll kebawah dan cari Ransomware Protection dan nyalakan Controlled Folder Access.

Begitu banyak sekali fitur keren yang ditawarkan Windows 10. Namun sayangnya fitur tersebut jarang dimanfaatkan dan jarang diketahui para pengguna Windows. Semoga dengan membaca artikel ini kamu jadi lebih tau fitur-fitur yang ada pada Windows 10. 

No comments:

Post a Comment