Kenali Ciri Ciri Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya - Iqbal Pambudi

Latest

10/03/2019

Kenali Ciri Ciri Android Terkena Virus dan Cara Mengatasinya


Penggunaan smartphone android terus meningkat setiap tahun. Setidaknya pada tahun 2018 lalu sekitar 38 juta unit smartphone yang terjual dan akan terus meningkat setiap tahunnya dan hampir 70 persennya yang terjual adalah smartphone Android.

Android yang sekarang menjadi OS mobile paling populer, tak lepas dari incaran malware dan virus jahat. Mereka dapat masuk dan menyusup ke sistem dan dapat mencuri data dari para pengguna ataupun merusak sistem dan beberapa gejala lainnya.

Maka dari itu pencegahan dari serangan virus/malware adalah hal yang harus dilakukan sejak dini agar kita terhindar dari ancaman tersebut, karena ada pepatah mengatakan "lebih baik mencegah daripada mengobati"


Bagaimana Android Bisa Disusupi Virus/Malware...?

Virus/malware dapat masuk melewati aplikasi yang kita install. Google Playstore adalah aplikasi resmi dari Google untuk mengunduh aplikasi Android yang sudah diverifikasi dan di filter oleh Google. 

Namun, beberapa kejadian belakangan lalu ada beberapa aplikasi yang terjangkit virus yang lolos scan Google Playstore dan menyusup lewat aplikasi yang ada di Playstore. Itu menunjukan virus juga semakin canggih sehingga dapat lewat dari scan virus Playstore. 

Selain itu ketika kita browsing di internet kadang tak sengaja atau salah mengeklik iklan dan muncul popup yang mengarahkan kita ke situs berbahaya dan dapat mengundang malware. Jadi kita harus tetap berhati-hati dalam browsing. 

Bagaimana ciri-ciri Android yang terkena virus/malware...?

Ada beberapa langkah awal untuk mendeteksi virus/malware yang menjangkit Android. Hal ini harus diketahui lebih dini untuk mencegah serangan virus dan mengenali karakteristik/ciri-ciri Android yang terkena virus. Berikut adalah beberapa ciri-ciri apakah Android tersusupi virus

Baca Juga : Cara Memaksimalkan Android RAM 1GB



#1 Muncul Iklan Popup Secara Tiba Tiba

Yang paling umum pertanda Android kamu terkena malware adalah munculnya iklan pop up secara tiba-tiba. Iklan pop up yang muncul secara tiba-tiba dan gak wajar dapat menjadi pertanda Android kamu disusupi malware iklan. Beberapa kasus pop up iklan muncul saat kita membuka lock screen. Padahal sebenarnya kita tidak sedang melakukan apa-apa. Biasanya pop up ini muncul ketika Android terkoneksi dengan internet dan iklan ini akan sangat menganggu karena muncul begitu saja.

Cara mengatasi malware yang satu ini adalah dengan melakukan scan ke aplikasi yang ada Android kamu. Gunakan aplikasi anti malware seperti Malwarebytes untuk scan aplikasi yang berbahaya di Android kamu. Selain itu hapus juga aplikasi yang mencurigakan yang ada di App Manager.

#2 Penggunaan Data Jadi Lebih Banyak

Ketika Android kamu terinfeksi oleh malware, maka malware tersebut akan menggunakan data internet untuk menampilkan iklan dan mengirimkan iklan spam ke Android kamu. Jika kamu merasa penggunaan data internet menjadi lebih banyak dari biasanya padahal kamu tidak melakukan kegiatan yang menghabiskan kuota, maka kamu harus waspada terhadap serangan malware.

Untuk mengecek aplikasi apa saja yang menggunakan data intenet kamu, caranya buka Pengaturan, lalu cari penggunaan data untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan data terbanyak di Android kamu. Jika kamu menemukan sesuatu yang mencurigakan, uninstall aplikasi itu segera.

#3 Muncul Aplikasi yang Mencurigakan

Munculnya aplikasi yang tidak jelas secara tiba-tiba harus kamu waspadai juga. Biasanya ini terjadi ketika kamu melakukan aktivitas download dan secara tidak sengaja mendownload aplikasi adware. Kenali dulu jenis aplikasi tersebut, apabila memang tidak jelas dan mencurigakan segera hapus. 

Hapus aplikasi tersebut dan lakukan scan virus secara menyeluruh untuk memastikan semua sistem bersih dari virus, dan sebaiknya hindari menginstall aplikasi selain di Playstore. Karena aplikasi diluar Playstore tidak terjamin keamanannya. Tapi apabila kau yakin aplikasi tersebut aman ya silahkan saja diinstal. 

#4 Baterai Terasa Lebih Boros Dari Biasanya

Virus dan malware pada Andorid akan memakan resource Android kamu untuk berjalan sehingga CPU akan selalu bekerja dan itu menyebabkan baterai kamu menjadi cepat habis. Jika kamu merasa baterai kamu cepat habis tanpa alasan yang jelas kamu harus melakukan beberapa pengecekan pada smartphone kamu.

Untuk melihat aplikasi mana saja yang banyak menggunakan resource, caranya buka pengaturan dan cari bagian baterai untuk mengetahui ringkasan aplikasi mana saja yang menggunakan resource yang besar. Identifikasi aplikasi tersebut dan cek apakah sesuai dengan penggunaan kamu. Bila menemukan aplikasi yang aneh dan asing yang mengkonsumsi sumber daya yang gak wajar maka kamu perlu waspada, bisa jadi itu adalah malware.

#5 Android Terasa Cepat Panas

Ketika Android terinfeksi oleh malware seperti virus, worm atau adware, maka akan menggunakan resource Android kamu secara terus menerus. Hal ini menyebabkan Android jadi lebih panas karena CPU akan digunakan oleh virus/malware tersebut. Selain itu Android akan terasa lag dan performa melambat.

Identifikasilah aplikasi yang mencurigakan yang menggunakan resource banyak. Kemudian hapus aplikasi tersebut dan lakukan scanning dengan Malwarebytes adalah tahap awal dalam mengatasi. Namun Android terasa panas juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lain dan bukan karena virus. Suhu ruangan dan paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan smartphone cepat panas. Hindari kondisi smartphone overheat agar performa tetap terjaga.

#6 Aplikasi Berhenti Secara Tiba Tiba

Beberapa virus juga dapat merusak sistem Android. Salah satu efeknya ketika sudah merusak sistem adalah beberapa aplikasi lain sering crash atau berhenti secara tiba-tiba tanpa tau sebabnya. Bila sudah dalam kondisi seperti ini kamu perlu curiga terhadap serangan virus.

Tahap awal dalam penanganan masalah ini adalah dengan menghapus cache dan data aplikasi di pengaturan App Manager. Cara kedua apabila masalah masih berlanjut maka scan dengan anti malware. Bila juga masih belum bisa, coba lakukan hard reset dan langkah terakhir apabila masih membandel adalah dengan flash ulang. 


Cara-cara diatas adalah beberapa langkah awal untuk mendeteksi virus yang menjangkit di Andorid. Sebelum terjangkit alangkah baiknya kalau kita lakukan pencegahan sejak awal seperti melakukan pembaruan sistem sehingga ketika ada celah keamanan pada sistem Android dapat segera diperbaiki. Selain itu pencegahan yang lain adalah dengan selalu memastikan aplikasi yang akan diinstall benar-benar aman kalau kamu akan menginstall aplikasi selain di Playstore.

3 comments:

  1. HP Xiaomi kami juga punya banyak permasalahan pop-up iklan yang muncul secara tiba-tiba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cara berikut http://www.iqbalpambudi.com/2019/09/cara-menghilangkan-iklan-di-miui-10.html

      Delete
  2. terimakasih infonya gan , baru tau nih dari blog nya iqbalpambudi.com
    sangat bermanfaat jangan lupa mampir ya diskusidatadotcom

    ReplyDelete