Software Pilihan Terbaik Elementary OS 2020 - Iqbal Pambudi

Latest

3/23/2020

Software Pilihan Terbaik Elementary OS 2020


Kali ini saya akan membagikan tentang software apa saja yang cocok diinstall pada Elementary OS. Tidak semua harus diinstall, namun sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Sudah sekitar 2 tahun saya memakai OS ini tanpa berganti-ganti ke distro lain dan rasanya udah males mau pindah.

Karena Elementary OS juga turunan dari Ubuntu, maka kamu yang bukan pengguna Elementary namun masih satu keluarga dengan Ubuntu bisa juga mengikuti artikel ini. Perlu diketahui Elementary OS versi terbaru dari artikel ini ditulis yaitu versi 5.1 yang berbasis pada Ubuntu 18.04. Jadi sesuaikan saja ya dengan repo Ubuntu 18.04.

Software Pilihan Elementary OS 2020

1. VLC


VLC merupakan media player yang menurut saya pilihan yang terbaik. Walaupun sudah ada software video player bawaan Elementary OS, namun ketika saya menggunakan software bawaan Elementary terasa agak sedikit patah-patah pada video. Menu dan fiturnya juga tidak selengkap VLC.

sudo apt install vlc

2. Krita


Krita merupakan software editing pada linux, terkhususnya lebih ke digital painting. Krita menyediakan banyak sekali fitur yang didesain khusus untuk digital painting. Kalau kamu ingin berkreasi dengan digital painting kamu bisa mencoba aplikasi ini. Krita tersedia di AppCenter bawaan Elementary atau kamu bisa install melalui terminal

sudo apt install krita

3. Google Chrome


Salah satu browser favorit para pengguna internet. Google Chrome juga tersedia di Linux. Pada repository hanya terdapat Chromium browser. Google Chrome dibuat berdasarkan Chromium yang merupakan sebuah proyek open source. Bedanya Chrome dikembangkan oleh Google dan source codenya tidak bisa di decompile. Sedangkan Chromium dikembangkan oleh Chromium Project yang merupakan proyek open source yang siapapun bisa mengakses kode sumbernya.

wget https://dl.google.com/linux/direct/google-chrome-stable_current_amd64.deb

sudo dpkg -i google-chrome-stable_current_amd64.deb

4. WPS Office


Untuk urusan ketik mengetik serahkan pada WPS Office. Elementary OS sebenarnya sudah menyediakan Libre Office. Namun saya lebih suka pakai WPS Office, lebih kaya akan fitur dan tersedia secara gratis. Mulai dari WPS Writer, WPS Spreadsheet, WPS Presentation dan WPS PDF semua tersedia All in One.


Kemudian install dengan perintah berikut (sesuaikan file namenya)

sudo dpkg -i wps-office_11.1.0.9126_amd64.deb

5. Visual Studio Code


Teks editor yang powerful. Dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti code completion, language detection, debugging, extensions, source control dan masih banyak lagi. Visual Studio Code atau disingkat VSCode merupakan salah satu dari teks editor terbaik dan tersedia secara gratis. Bila kamu seorang programmer maka wajib install VSCode ini.


Install dengan dengan dpkg (sesuaikan nama filenya)

sudo dpkg -i code_1.39.2-1571154070_amd64.deb

6. Flameshot


Flameshot adalah software untuk screenshot layar. Berbeda dengan screenshot bawaan OS, Flameshot lebih menyediakan fitur seperti simple editing setelah pengambilan screenshot seperti menambahkan tanda panah, teks, lingkaran, blur dll. Bila kamu suka buat tutorial yang banyak screenshot layarnya atau hanya sekedar screenshot layar saja kamu bisa memanfaatkan Flameshot ini tanpa harus repot-repot mengedit gambar satu satu di image editor lain.

sudo apt install flameshot

7. Peek


Ketika Flameshot hanya sekedar screenshot, Peek dapat membuat gambar screenshot bergerak alias gif recorder. Software ini dirancang untuk menggunakan ffmpeg dan imagemagick untuk mengambil screencast dari desktop dan membuatnya menjadi format .gif. Kualitasnya pun juga bagus dan tajam. Cocok sekali buat yang suka bikin tutorial.

sudo add-apt-repository ppa:peek-developers/stable
sudo apt update
sudo apt install peek

8. GDebi


Ketika mendownload sebuah software berestensi .deb maka kita harus menginstallnya via terminal dengan mengetikan dpkg -i . Namun dengan GDebi kamu tak perlu melakukannya, cukup double click file .deb maka akan terinstall secara otomatis. Gimana? lebih family friendly kan.

sudo apt install gdebi

9. GIMP


GIMP merupakan image editor populer di linux pengganti Photoshop. Sayangnya Photoshop tidak tersedia di Linux. Bila ingin editing gambar, manipulasi kamu bisa pakai software ini. Kalau kamu sudah terbiasa dengan shortcut Photoshop dan susah untuk move on kamu bisa setting GIMP agar shortcutnya mirip dengan Photoshop. 

sudo apt install gimp

10. Free Download Manager


Pengganti IDM di linux. FDM merupakan sebuah download manager yang tersedia secara gratis. Ada alternatif lain selain FDM yaitu Xtreme Download Manager atau XDM. FDM membantu mempercepat download file dengan memecah koneksi menjadi beberapa peer. 


sudo dpkg -i freedownloadmanager.deb

11. Synaptic Package Manager


Synaptic adalah package manager versi GUI. Ketika biasanya kamu menginstall software atau package via terminal dengan apt get, maka Synaptic membuatnya menjadi versi GUI sehingga lebih mudah. Dengan Synaptic kamu dapat melihat list package, broken package, categories, repo management dll.

sudo apt install synaptic

12. Insomnia


Insomnia adalah software untuk REST Client. Berguna untuk mengetes endpoint dari sebuah web. Bila kamu seorang developer kamu mungkin perlu mengetes sebuah enpoint apakah request yang diminta sesuai. Insomnia menyediakan beberapa method seperti GET, POST, PUT, DELETE dll. Terdapat juga aplikasi alternatif lain seperti Postman yang juga digunakan untuk REST Client.

Install via Snap
sudo snap install insomnia

13. Telegram


Telegram adalah salah satu aplikasi chating yang populer. Tidak hanya tersedia di mobile Telegram juga tersedia versi desktop. Telegram juga merupakan proyek open source yang dikelola oleh Telegram LLP yang bermarkas di London. Salah satu fitur favorit saya dari telegram yaitu kita dapat menambahkan bot kedalam grub.

Install via Snap
sudo snap install telegram-desktop

14. Skype

Skype merupakan aplikasi video call yang populer. Kamu dapat memanfaatkannya untuk melakukan meeting online, kuliah onlien atau sekedar vidcall teman atau pacar via desktop. Kamu dapat menginstall Skype di Linux menggunakan Snap

Install via Snap
sudo snap install skype --classic

15. Spotify


Streaming podcast, mutar lagu favorit, dengerin radio dengan Spotify. Spotify tak hanya tersedia di Mobile saja, namun Spotify juga tersedia di Linux juga. Fiturnya sama dengan Spotify desktop pada Windows dan Mac. Spotify tersedia secara gratis namun kamu perlu berlangganan untuk mendapatkan fitur premium.

Install via Snap
sudo snap install spotify

Extras

Ubuntu Multimedia Codec

Fitur ini memungkinkan kamu untuk memutar hampir semua format video. Kamu bisa menginstall ini agar video player dan audio player yang kamu gunakan support dengan beberapa format video dan audio sekarang.

sudo add-apt-repository multiverse
sudo apt update
sudo apt install ubuntu-restricted-extras

TLP

TLP merupakan power management di linux. TLP dapat mengatur penggunaan baterai agar lebih hemat dan tahan lama.

sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp
sudo apt-get update
sudo apt-get install tlp tlp-rdw

Snap

Snap adalah package manager dari Ubuntu yang memudahkan untuk penginstalan aplikasi.

sudo apt install snapd

Wingpanel

Wingpanel akan memberikan informasi berupa kecepatan internet, penggunaan RAM, CPU, Swap yang terletak di panel atas. Ubtuk instalasi Wingpanel kamu bisa ikuti tutorial yang sudah pernah saya bahas tentang Cara Install Wingpanel di Elementary OS






No comments:

Post a Comment